Rabu, 07 Januari 2009

Antenna Dipol Gamma Match


    Oktober 2003 saya membuat 2 antena dipol gamma match beserta power devider-nya. Hanya sayang saya tidak bisa menggunakannya terlalu lama karena kondisi pemasangannya pada tiang sangat tidak memungkin. Hingga kini saya masih menggunakan ringo 5/8 lambda.

    Saya menggunakan antena dipol gamma match adalah sebagai alternatif saja. Awalnya saya hanya menggunakan jenis ringo 5/8 lambda. Tapi karena ada tantangan lain maka saya menggunakan antena dipol gamma match yang saya buat sekitar pertengahan 2002. Sempat mengudara selama kurang lebih 2 tahun.

    Power devider dari 1/2" tubing tembaga sepangjang 1/4 lambda dan masukkan kedalam 1" tubing aluminium bentuk persegi. Untuk konentor saya pilih yang type N.

    Untuk lebih jelasnya bisa lihat beberapa gambar dibawah ini.



 Besi 
Selesai Dibuat
  Besi 
Lebih Dekat
 Besi 
Skematik Dipol
 Besi 
Bahan
 Besi 
Dipol & Power
 Besi 
Lebih Dekat
 Besi 
1 ke 2
 Besi 
1 ke 4


    Seorang teman yang memiliki perangkat pemancar FM buatan Broadcastwarehuse, Inggris, sudah menggunakan prototipe ini dan hasilnya sangat baik.



13 komentar:

  1. iya bang banyak teman-teman yang comment di blog saya yang minta skema power devider untuk antena beberapa bay..
    ntar tak suruh nge link ke sini aja
    thanks

    BalasHapus
  2. Trims mas Win,

    Setelah membacara artikel tentang "phasing harness" di http://www.vhfman.freeuk.com/radio/antennas.html, kemudian saya membuat power devider ini. Lumayan mas dak kalah dengan yang pabrikan.....

    salam

    BalasHapus
  3. Hallo bang, truz pipa inner/tembaga untuk PD itu, di tempat saya sulit carinya, yang ada itu pipa untuk AC/kulkas, diameternya sekitar 1/2 inchi.
    keliatannya di tabel, diameternya kok lebih dari 1/2 inchi ya?
    gimana SWRnya menurut percobaan, thanks infonya.

    BalasHapus
  4. kang ahim saya mau nanya untuk ukuran panjang gamma rood,jarak gamma rood dgn elemen driver dan panjang iner kabel rg 8 yg dimasukkan ke gamma rood apa tetap or berubah2 sesuai frekuensi dan bagaimana rumus penghitunganya klo berubah frek. trims arif bontang

    BalasHapus
  5. mas Win,

    Saya dan rekan di Balikpapan menggunakan pipa air ledeng tembaga dengan ukuran 1/2 inch.
    Di tempat saya ini dijual 1 lonjor dengan panjang 4 meter.
    Kalo pake pipa AC belom pernah saya coba mas.
    Hasil percobaan SWR nya bisa nyandar, tapi tidak 100%. Setelah dihitung perbandingan SWR nya berdasarkan power FORWARD and REVERSE maka didapat nilai pantulan lumayan kecil. Percobaan menggunakan booster FM dengan power ouput 300wat yang balik ke boster cuman 1 watt (pengukuran menggunakan Watt meter merek Bird)

    BalasHapus
  6. @arif,

    Saya menggunakan 25cm untuk gamma root nya, tapi ada juga temannya yang menggunakan 30cm.

    Untuk jarak elemen ke driver kira2 5 sampe 6cm, dan untuk kabel rg8 nya sesuaikan dengn panjang gamma rootnya. Nanti waktu tuning hanya menggeser atas-bawah gamma root nya saja...

    BalasHapus
  7. Halo kang ahim....trims gambarnya...saya sudah mencoba dan memakinya sampai sekarang...yg saya buat hanya power dividernya saja,sedangkan antenna nya saya pergunakan yg cycloid...itu juga bikinan sendiri...lumayan ok hasilnya

    BalasHapus
  8. Halo mas Him, apa kabar....apakah masih ngoprek...., info vintage transceiver yg tersisa dong mas, maklum saya sedang koleksi barang Jadoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas, waduh apa kabar disana....
      Saya lama tidak update2 nih....

      Nah mengenai Vintage transceiver dah pada diborong tuh sama teman2 disini...
      Saya hanya tersisa Receiver all band full tabung merek Siemen.
      Beberapa kali saya tawarakan teman2 tapi tidak ada yg tertarik, karena bobot nya luar biasa beratnya...

      Saya lebih suka koleksi Vintage yang type rumahan....

      Salam,

      Hapus
  9. Road nya. Pake apa katanya ada yang jual di toko2 , nama nya apa? Trus dudukan konektor yang di solder ke iner rg 8 pake apa? Info nya yah pin bb 266E1E73. Fb : erlan elekteo.

    BalasHapus
  10. Maaf om Ahim
    saya mau tanya
    untuk mendapatkan 350 ohm atau 250 Ohm itu dari mana dan gimana cara mengukurnya
    Terimakasih

    BalasHapus