Rabu, 07 Januari 2009

Power Amplifier RF BLF278 300W

Pembuatan Power Amplifier RF BLF278 adalah kesinambungan dari PLL + MPX Stereo + 2SC1947 yang saya buat pada Oktober 2002, dan sebagaimana saya sampaikan bahwa modul PLL ini saya berikan ke pada teman di Sumatra.
Proses pembuatan hingga rampung memakan waktu cukup lama. Saya memulainya pada pertengahan Oktober 2002 yaitu hanya sebatas PCB-nya saja. Kemudian pada bulan Mei 2003 pengerjaan diteruskan lagi, kali ini pemasangan coax semi-rigid 50 ohm.
Kemudian pada bulan Juni hingga Oktober 2003 pengerjaan dilanjutkan lagi. Cukup memakan waktu lama karena harus berburu komponen seperti ferrite toroid (VHF). Resistor saya pesan dengan teman yang berada di Jakarta. Komponen ini didapat di pasar Glodok. Menurut pengalaman, ferrite toroid untuk HF tidak berfungsi dengan baik dan cenderung menghasilkan panas.

Awal November Power Amplifier BLF278 sudah rampung. Proses tuning menggunakan exiter BW PLL 1W dan menghasilkan power output 100w. Kemudian menggunakan exiter 7w di-drive ke input menghasilkan power output 300w lebih, namun kondisinya sangat kritis dan akhirnya BLF278 rusak. Setelah BLF278 diganti (kebetulan memiliki stock) kemudian di-drive dengan input 3w hasilnya sangat ideal, 300w. Gunakan transistor 2SC1947 untuk men-drive PA RF BLF278.


 Besi 
Dari Applikasi Philips 
 
 Besi 
Papan circuit (PCB)

 Besi 
Di heat-sink

 Besi 
Komponen bertambah

 Besi 
PA sudah jadi

 Besi 
Bagian output

 Besi 
Bagian input

 Besi 
Letak BLF278

 Besi 
PA + Power supply

 Besi 
Layout PCB

    Untuk keperluan tegangan 48vDC saya menggunakan 2 transformer masing-masing 24v 20A. Sebenarnya ingin sekali menggunakan 1 transformator 48v 20A saja, namun karena di Balikpapan agak sulit mendapatkannya. Kedua Trafo ini dirangkai serial setelah melalui 2 dioda penyearah. Untuk regulator menggunakan 2N3773 dan 7824, kaki tengah (negatif) dihubungkan ke dioda zener 27v. Pada gambar terlihat saya menambahkan switch timer 10 detik, dimaksudkan agar power amplifier ini tidak bekerja bersamaan saat power supply baru dihidupkan.



     Besi 
    Skematik

     Besi 
    Hasil perakitan

     Besi 
    Bagian regulator

     Besi 
    Diode penyearah

     Besi 
    2 Elco

     Besi 
    2 Diode bridge

     Besi 
    2 Transformator 
     

    Dengan alasan efisien maka saya tidak menggunakan power amplfier ini lagi karena bentuk fisiknya yang memakan tempat. Sebagai gantinya kini saya menggunakan produk BW Amplifier 300 yang juga menggunakan BLF278.

    6 komentar:

    1. Bang mau nanya nih, untuk pcb blf278 di atas, bagian balun yang ada coax rigidnya ( dekat antena) itu ujungnya sebenarnya nyambung dengan ground nggak sih ?, kok keliatannya nggak nyambung, truz ujung coax rigidnya nanti sambung dengan ground apa nggak?
      terimaksih pencerahannya..
      win

      BalasHapus
    2. mas Win,

      Bagian luar (outter) coax rigidnya yang menuju output (antena) nyambung ke ground, sementera bagian tengah (inner) langsung ke antena.

      Tapi mas, booster ini dah pensiun alis di-gudangkan, karena bentuk pisik nya yang memakan tempat dan berat.

      Saya membuat PCB nya ada 2 set, dan waktu itu beli transistor BLF278 nya sebanyak 3 biji, satau saya kirim kan ke pak Machmud di Bandung.

      Booster ini kalo digunakan dengan input 1watt menghasilkan output 100watt, lumayan efisien mas.

      Cuman perlu rada hati-hati ketika memberi tegangan bias, sebab waktu itu saya bikin kesalahan trus 1 transistor jebol, weh.... megap-megap dengan harganya.

      BalasHapus
    3. Mungkin lebih enak yang menggunakan trasformer coax teflon itu ya...seperti ada di situs belanda /mirip desain dari broadcasat concept itu ?

      BalasHapus
    4. mas Win, iya benar sekali, dulu saya dah bikin PCB nya tapi terkendala dengan coax kable teflon nya, sekarang di tempat dimana saya bekerja sering menemukan kabel jenis ini. Malah tidak kepikir lagi. Kalau masih segiat dulu ngutak-ngatik di FM pasti tidak akan dilewatkan.

      BalasHapus
    5. salam kenal mas, saya Teddy..bolehkah saya mendapatkan skema boosternya 300 w (BLF 278)48 volt.syukur syukur kalo mas jual pcb jadi nya..
      email : nijoku@gmail.com ,,kalau boleh...
      Terima kasih banyak ya mas....

      BalasHapus
    6. JANGAN LUPA UNTUK KEAMANAN MOSFET GUNAKAN JENIS PLL YANG PUNYA DELAY. SETELAH LOCK 3 DETIK RF NYA BARU ON .... SAYA SUDAH MEMPRODUKSI PLL TERSEBUT BERBASIS MIKROCONTROLER AT89S51 DENGAN LCD. TOMBOLNYA UP DOWN SELECT ON AIR/STANDBY.... INGIN INFORMASI LEBIH DETIL NANTI GAMBAR AKAN SAYA KIRIM VIA EMAIL... O YA EMAIL SAYA pro7fm@gmail.com bisa juga kontak langsung di hp 08122489488 DENGAN BANG EPI DISINI, MENYEDIAKAN JUGA MPX 4X SAMPLE, DIAJIMIN TIDAK BERNOISE STEREO SIGNAL 19 KHZ NYA KARENA SUDAH DI SHIFT REGISTER 4 BIT

      BalasHapus