Rabu, 07 Januari 2009

Yang Tidak Ter-ekspos

Selama menggeluti dunia ngutak-ngatik pemancar FM, cukup banyak kenangan dan liku-liku yang melibatkan banyak hal. Saya coba hadirkan beberapa yang tidak ter-ekspose. Sejak pertengahan tahun 2004 saya sudah mulai mengurangi kegiatan ini karena kesibukan dengan pekerjaan.
Gambar di atas adalah ketika masih di rumah kontrakan yang lama, dan baru sekitar 1 tahun lebih, belum memiliki ruang kerja yang memadai.

 Airline 74br-1502b
Gambar di atas adalah setelah memiliki ruang kerja yang saa buat sendiri sekitar October 2001. Lumayan keja bisa maksimal dan bila teman-teman datang berkunjung dan membawa peralatan mereka maupun diskusi.
 Airline 74br-1502b
Gambar di atas adalah beberapa yang pernah disampaikan dalam situs ini, diantaranya PLL Veronica dan beberapa PA FM.
 Airline 74br-1502b
Dummy Load, yang selalu setia menemani. Sekarang alat ini tidak lagi pada saya dan selalu melanglang buana ke teman-teman, hingga saat ini.
Kit produk dari BroadcastWarehouse dari Inggris, setalah ditempatkan pada kotak yang cukup bagus (bukan seperti pada gamabar), kemudian kami jual karena ada teman yang berminat.
PA nya menggunakan tegangan 28VDC dengan input 1watt dan output 125watt, broadband. Power supply menggunkan jenis switching, hasilnya sangat handal. Sebelum dijual pemancar ini sempat digunakan di Penajam Paser Utara oleh stasion radio Mars FM selama kurang lebih 8 bulan sejak Oktober 2003. Tapi kemudian stasion radio itu tutup karena alasan dana operasional.
 Airline 74br-1502b
Ini adalah booster FM yang ada di Penajam Paser Utara juga sekitar Desember 2003, tapi saya lupa nama stasion nya. Waktu itu pak Machmud, Bandung, mengirimkan beberapa sampel PCB booster nya ke saya. Setelah dirakit menggunakan transistor 2SC1946A dan 2SC2872 hasilnya sangat memuaskan. Tapi sayang, karena alasan dana operasaional juga satasion radio ini kemudian tutup juga.
 Airline 74br-1502b
Yang ini adalah beberapa PCB booster FM yang pernah saya buat pada bulan October 2003 yang terinspirasi dari booster 125watt produk Broadcast Warehouse. Hasil sangat baik sekali, dan hingga kini beberapa teman masih ada yang menggunakan PCB ini. Saya membuatnya menggunakan program VISIO dan kemudian disablon.
 Airline 74br-1502b
Lebih dekat dengan PCB, ini untuk menepis beberapa anggapan di salah satu pemilik Blogspot yang mengatakan bahwa "Seingat saya, itukan bukan buatan Si Ahim, Ahim yang mengambil PCB Amplifier dari product China, transistornya aja yang diganti". Rasanya sok tahu sekali itu orang.
 Airline 74br-1502b

Pengembangan dari PCB ini saya buat menjadi "DOUBLE" menggunakan transistor 2SC1946A dan 2SC2782. Sayang tidak sempat saya teruskan lagi, karena waktu yang tersita oleh kerjaan demi memenuhi kebutuhan dapur.

10 komentar:

  1. Selamat deh Bang..
    oh ya kalau ndak salah saya juga pas ada komentar di blogspot yang meng"claim" katanya pcb china..saran saya ya dikasih tau aja /klarifikasi..biar clear...
    mantap deh, happy blogging and kompak selalu..
    salam
    win

    BalasHapus
  2. mas Win dan RADIO BALAP,

    Trims, saya baru belajar bikin blog ini dan rasanya cukup menyenangkan, komentar maupun respon yang masuk bisa dilihat kapan saja. Berbeda bila respon dikirim melalui email.

    Banyak teman homebrew setelah akses www.geocities.com.inoor_9000 mengirim email kepada saya. Tapi kadang saya sering lupa membalas email mereka.

    Dalam beberapa hari ini saya sedang melakukan migrasi ke Blogspot yang ternyata sangat menyenangkan.

    Ini terinspirasi dari mas Win waktu melihat artikelnya ditulis di Blogspot. Lebih menyenangkan ternyata dibanding menggunakan Geocities dimana di Geocities saya menulisnya artikel dalam script HTML (yang membuat mata saya mumet.........

    Sekali lagi terimakasih dah berkunjung dan salam kompak homebrew.......

    BalasHapus
  3. @ ahim and Radio balap:
    halo ketemu juga nih sama radio balap disini......
    di blogspot justru commentnya yang mengasyikkan...buat sharing pengalaman dan silahturahmi.....
    sampai-sampai comment dibuat promosi ..( spt contoh di blog saya) nggak papa deh asalakan bisa bantu teman homebrew....thanks

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum!Pak Ibrahim!ini saya Achmaedt di Cilacap.terimakasih banyak blognya,saya jadi bisa belajar banyak dari blog ini.Sukses terus deh buat Pak Ibrahim.Thank..................^_* Wassalamu'alaikum!

    BalasHapus
  5. @Ahcmaedt,
    Wa'alaikum musalaam, trims sudah mampir. Saya dah juga liat blog nya, wow keren betul.

    Kapan lagi radio nya mengudara nih.....

    Wassalaam.

    BalasHapus
  6. @Achmaedt ..^_*>>>> Asslamu'alaikum.....!..Insa Alloh dlm waktu dkt ini,saya lagi ngumpulin modal dulu pak,mohon dukungan,do'a dan saranya ya pak ,kan situ yg lbh pengalaman! oh ya..besok insa alloh klo gk ada halangan saya jg mau ke klmntn kali ajah boleh mampir ketempat Pak Ahim,bolehkan sekalian pengin tau...! Wassalam........

    BalasHapus
  7. Ikutan absen ah..............!

    BalasHapus
  8. assaalamualaikum wr.wb. kang ahim saya arif di bontang mau naya gambar antena dipole gamma match di blog sampean. untuk ukuran gamma rood, jarak gamma rood dan driver elemen, dan kabel rg 8 apa tetap jika frekuensinya berubah atu sama u/ semua frekuensi trim

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum,Wr.Wb.

    @Pak Ibrahim,Bagemana kbrnya? Lama gk kedengeran kbrnya! Ma'af baru bisa ngasih komen,soalnya sibuk banyak krjaan!
    Eh...ngomong2 lagi ada kesibukan apa nih sekarang?

    BalasHapus